• Overview
  • Includes Trip
  • Excludes Trip
  • Itinerary Trip
  • Reviews Trip
  • Information Trip

Tentang Dieng Culture Festival Ke XV 2025

Tahun 2025 kami kembali menggelar Dieng Culture Festival (bisa disebut juga Festival Dieng) yang ke XV dengan tema “Back To The Culture”. Tema ini kami pilih untuk memperkuat kembali nuansa kebudayaan dalam festival yang dilakukan oleh warga di dataran Tinggi Dieng.

Selama 2 hari pada tanggal 23 & 24 Agustus 2025, Festival Dieng akan menampilkan sejumlah pertunjukan seni tradisi, musik & orkestra dalam tajuk Orkestra Symphony Dieng, doa berama & penerbangan lampion, serta kirab budaya dan ritual cukur rambut anak gimbal.

Penjualan Paket Partisipan DCF akan kami umumkan segera. Kali ini ada kategori

  1. Paket Partisipan DCF untuk 2 hari (Orkestra Symphony + Penerbangan Lampion, & Cukur Rambut Gimbal) serta
  2. Paket Partisipan DCF hanya untuk 1 hari (Orkestra Syphony Dieng + Penerbangan Lampion).

Khusus pemegang paket Partisipan 2 hari (Orkestra Symphony + Penerbangan Lampion, & Cukur Rambut Gimbal) dapat ikut mendaftar menjadi peserta kirab budaya menggunakan pakaian adat/daerah masing-masing, terbatas hanya untuk 250 peserta. Ketentuan pendaftaran akan kami umumkan selanjutnya.

Mengapa DCF "Back To The Culture" ?

Setelah lebih dari 14 tahun Dieng Culture Festival dilangsungkan, kami banyak belajar dari semua pihak yang terlibat dalam perhelatan kebudayaan ini. Baik dari pelaku wisata, pelaku budaya, pemerintah, para sponsor, hingga para partisipan (traveler yang terlibat sebagai peserta festival), maupun wisatawan lainnya. Sungguh, kami merasa beruntung memiliki ekosistem penyelenggaraan festival yang sehat, mendukung, memberi masukan perbaikan tata kelola, hingga kritik sekalipun. Itu semua penting dan berharga bagi kami.

Sedianya pada tahun 2025 ini kami ingin kembali seperti dulu, sederhana dan hanya menyajikan ritual cukur rambut anak gimbal Dieng. Namun, setelah melalui berbagai proses diskusi dan mendapatkan masukan dari berbagai pihak, kami akhirnya memutuskan untuk tetap menyelenggarakan Dieng Culture Festival dengan format yang lebih sederhana. Fokus kami pada seni tradisi sebagai warisan tak benda yang penting bagi pemajuan kebudayaan. Maka, dalam Dieng Culture Festival tahun 2025 ini kami memperbanyak panggung untuk seni budaya, selain ada kegiatan kirab budaya, dan ritual cukur rambut gimbal sebagai menu utama festival. Sedangkan pertunjukan musik, kami ubah formatnya dalam tajuk Symphony Dieng yang akan menampilkan beberapa musisi dan artis sebagai mistery guest, serta doa bersama penerbangan lampion.

Khusus kegiatan kirab budaya, kami akan melibatkan peran serta para traveler/partisipan (pemilik paket partisipan DCF 2025) untuk ikut kirab budaya dari rumah pemangku adat ke lokasi cukur rambut gimbal di komplkes Candi Arjuna. Prosesi ini ada syaratnya ;

  1. Peserta memiliki paket partisipan DCF 2025,
  2. Peserta menggunakan baju adat daerah masing-masing, dan
  3. Peserta melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mengikuti kirab budaya. (terbatas hanya untuk 250 peserta).

Upaya kecil kami untuk meneguhkan kebudayaan sebagai tema festival ini tentu belum seberapa dibandingkan dengan peran para pihak yang konsisten dalam melestarikan seni dan tradisi di Indonesia untuk menunjukkan Indonesia adalah negera adidaya kebudayaan. Semoga kebudayaan kita lestari, dan terjaga. Amin.

 

DESTINASI YANG DIKUNJUNGI SELAMA TRIP

  1. Dieng Culture Festival (DCF)
  2. Titik 0 Dieng, Bukit Sikunir (Sunrise Point)
  3. Batu Pandang Ratapan Angin
  4. View Telaga Warna
  5. Tuk Bima Lukar
  6. Candi Arjuna
  7. Kawah Sikidang
  8. Pintu Langit Sky View
  9. Taman Langit Dieng
  10. Pusat Oleh-oleh (Shopping Time)

 

PAKET DIENG CULTURE FESIVAL (DCF) XV 2025

  • Asuransi
  • Tas
  • Kain selendang untuk ritual
  • Lampion
  • Gelang akses festival (simfoni + lampion & ritual cukur rambut bimbal)
  • Free akses venue festival yang lain
  • Fee akses ke kawah Sikidang
  • Pin khusus bagi yang ikut kirab budaya
  • Bingkisan sponsor (terbatas)
  • Transportasi Full AC PP
  • Driver, BBM, Tol, Parkir
  • Penginapan Sharing Room
  • HTM/Tiket Wisata
  • Tiket Dieng Culture Festival
  • Orkestra Shympony-Lampion-Rambut Gimbal + Slendang / Kain Batik
  • Makan 4 Kali + Air Mineral
  • P3K Standar & Asuransi
  • Tour Leader & Guide
  • Souvenir Adventure
  • Service Medsos & Trip
  • Banner Kegiatan
  • Dokumentasi (Kamera + Drone)
  • Kawan Baru & Jodoh Bila Beruntung
  • Kebutuhan & Obat-obatan Pribadi
  • Upgrade Private Room
  • Tip Crew

Additional Biaya

  • Private Room Rp350.000 (1 Kamar 2 Orang)
  • Private Room Rp450.000 (1 Kamar 6 Orang Mak)

NB : Jadwal OPEN TRIP tidak terikat; itinerary yang tertulis dapat berubah sewaktu-waktu serta menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan

Itineraries

Day 1, 22 Agustus 2025 (.../.../...)

Penjemputan & Keberangkatan

18.00-18.30 : Penjemputan Cilegon-Serang
19.30-20.00 : Penjemputan Area Tangerang & Sekitar
20.30-21.30 : Penjemputan Area Jakarta - Bandung - Bogor
22.00-22.30 : Penjemputan Bekasi - Cikarang - Karawang
23.00-00.00 : Keberangkatan ke Dieng (Istirahat di Rest Area 102A Subang

Day 2, 23 Agustus 2025 (B/L/D)

Explore Dieng & Event DCF

07.00-07.30 : Estimasi Tiba di Titik Nol Dieng, Bersih-bersih & Sarapan (Include)
07.30-08.00 : Prepare Wisata
08.30-11.30 : Explore Pintu Langit Sky View, Taman Langit Dieng
11.30-13.30 : Explore Batu Pandang Ratapan Angin & Makan siang (Include)
13.30-14.00 : Cek In Penginapan & Free Time
14.00-14.30 : Pembukaan Dieng Culture Festival (DCF) 2025
14.30- 17.00 : Pentas Seni Tradisi
17.00-17.30 : Open Gate
17.30-19.30 : Pentas Seni Tradisi
19.30-22.30 : Shympony Dieng (Mystery Guest & Orchestra)
22.30-23.30 : Penerbangan Lampion
23.30-00.00 : Free Time dan Istirahat

Day 3, 24 Agustus 2025 (.../L/...)

Explore Dieng - Event DCF & Kepulangan

02.00-02.30 : Prepare Explore Bukit Sikunir (Sunrise Point)
02.30-04.00 : Perjalanan ke Bukit Sikunir
04.30-06.30 : Explore Bukit Sikunir (Sunrise Point) Hunting Photo
06.30-07.30 : Sarapan (Exclude)
08.00-09.30 : Kirab Budaya (Kuota Terbatas, hanya untuk 250 Orang)
09.30-11.30 : Prosesi Jamasan dan Ruwat Anak Rambut Gembel
11.30-12.30 : Cek Out Penginapan dan Makan siang (Include)
13.00-14.00 : Shoping Time dan Free Time
16.00 : Perjalanan ke Meeting Point
16.30-23.00 : Perjalanan ke Meeting Point dan Estimasi Tiba

There are no reviews yet.

Be the first to review “DIENG CULTURE FESTIVAL (DCF) XV 2025 3D2N”

1. Tanpa Minimal, 1 Orang bisa Daftar
2. Pendaftaran peserta maksimal H-15 sebelum tanggal keberangkatan atau selama kuota masih tersedia
3. Pendaftaran dilakukan dengan menghubungi contact person kami di MinTure 0818 1843 3490 (Whatsapp). Atau bisa langsung booking online di website kami (lebih mudah, aman dan terpercaya).
4. Setiap Peserta yang mendaftar akan kami undang dalam WhatsApp Group H-3 sampai H-2 sebelum keberangkatan. Hal ini untuk memudahkan pemberian informasi & koordinasi seputar perjalanan
5. Harga trip berlaku untuk wisatawan Warga Negara Indonesia (WNI). Penyesuaian harga berlaku untuk wisatawan Warga Negara Asing (WNA)

1. Pembayaran via transfer hanya di kirimkan ke BANK BCA No Rek 6510618147 an ADVENTURE TRIP INDONESIA
2. Setelah melakukan pembayaran melalui transfer dimohon untuk melakukan konfirmasi melalui sistem atau melalui Whatsapp MinTure 0818 1843 3490 dengan menyertakan bukti transfer
3. Pelunasan dilakukan maksimal 7 Hari sebelum tanggal keberangkatan
4. Pembayaran DP maupun pelunasan tidak dapat dikembalikan jika trip dibatalkan oleh pihak peserta dengan alasan apapun.
5. Pembayaran DP maupun pelunasan tidak dapat dikembalikan jika peserta merubah jadwal keberangkatan (reschedule) dengan alasan apapun.
6. Pembayaran DP maupun pelunasan tidak dapat dikembalikan jika trip dibatalkan karena kondisi tidak memungkinkan (Force Majeure) tetapi dapat merubah jadwal keberangkatan (reschedule).
7. Pembayaran DP maupun pelunasan akan dikembalikan 100% (Bagi Peserta yang Daftar diatas H-15 Kegiatan) Jika peserta daftar di Bawah H-15 Kegiatan, maka peserta dapat merubah jadwal keberangkatan (reschedule) jika trip dibatalkan oleh pihak Adventure Trip (kuota tidak mencukupi)
8. Jika peserta sakit bisa membatalkan trip dan menjadikannya deposite untuk trip berikutnya dengan melampirkan surat keterangan dari dokter dan di konfirmasi oleh Adventure Trip
9. Pembatalan di H-15 akan di kenakan biaya 100%

1. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan & kehilangan barang pribadi dalam kejadiaan apapun yang menimpa peserta selama trip.
2. Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan / pembatalan jadwal transportasi yang membuat keterlambatan & ketidak hadiran peserta.
3. Kami tidak bertanggung jawab atas perubahan atau berkurangnya program trip dikarenakan kondisi tidak memungkinkan (Force Majeure) dan jika terjadi hal tersebut maka tidak ada pengembalian (refund) dalam bentuk apapun.
4. Kami tidak bertanggung jawab atas peserta yang mengalami penyakit yang diderita atau kecelakaan yang mengakibatkan apapun selama kegiatan trip berlangsung
5. Seluruh program trip di anjurkan untuk para wisatawan mandiri dengan rentang usia 17 – 45 tahun. Di anjurkan ada pendamping orang tua / wali jika berusia dibawah 17 tahun dan di atas 45 tahun.
6. Peserta dilarang membawa benda tajam, minuman berakohol, obat-obatan terlarang dan juga hewan peliharaan. Jika melanggar kami berhak mengeluarkan peserta dari group atau dipulangkan tanpa penggantian denda berupa apapun.
7. Perubahan suatu kondisi atau fasilitas saja terjadi selama kegiatan trip seperti ; akomodasi, transportasi dan lainnya. Maka peserta wajib untuk mematuhi segala penyesuaian yang ada.
8. Peserta yang terlambat hadir dari waktu yang telah di tetapkan dan telah diberi toleransi waktu serta kebijakan dari peserta lainnya, maka akan di tinggal dan tidak ada penggantian berupa apapun.
9. Peserta selalu menjaga kebersihan lingkungan selama trip berlangsung

Force Majeur yang dimaksud dalam perjanjian ini adalah Suatu keadaan memkasa diluar batas kemampuan kedua belah pihak yangg dapat mengganggu bahkan menggagalkan terlaksannya kegiatan, seperti bencana alam, peperangan, pemogokan, sabotase, pemberontakan masyarakat, blokade, kebijaksanaan pemerintah khususnya yang disebabkan karena keadaan diluar kemampuan manusia termasuk kemacetan yang tidak terprediksi karena Tim Adventure Trip suddah mengatur waktu sebaik mungkin demi menghindari kemacetan

PAKAIAN :
1. Pakaian nyaman sesuai Aktivitas
2. Jaket atau sweater untuk cuaca dingin
3. Celana panjang/pendek sesuai kebutuhan
4. Pakaian Renang (Jika ada aktivitas air)
5. Sepatu Trekking/olahraga & sandal gunung (jika ada aktivitas Treking/Hiking)

KEBERSIHAAN PRIBADI :
1. Handuk kecil/besar
2. Peralatan mandi (Sabun, sampo, sikat gigi, dll)
3. Tisu basah/kering

PERALATAN OUDOOR :
1. Topi/buff & Kacamata Hitam
2. Sunscreen SPF Tinggi
3. Kantong Plastik/dry bag/jas hujan

KESEHATAN & KEAMANAN :
1. Obat pribaddi wajib dibawa
2. Obat anti mabuk perjalanan
3. Plester luka & antiseptik

PERALATAN TAMBAHAN :
1. Power Bank
2. Senter/headlamp
3. Botol minum/tumbler

1. Seluruh Photo/Video/segala bentuk Dokumentasi yang akan diambil oleh Tim Dokumentasi Adventure Trip adalah Mutlak menjadi hak milik kami.
2. Peserta yang mengikuti perjalanan ini berarti menyetujui bilamana photo/video ttersebut di upload dan murni menjadi hak milik kami
3. Jika kondisi dilapanagan hujan/keadaan dilapangan tidak memungkinkan melakukan dokumentasi dengan kamera DSLR/DRONE, maka dokumentasi dapat dilakukan melalui Hanphone Tim Adventure dan masing-masing peserta
4. Dokumentasi dalam setiap perjalanan akan dibagikan selambat-lambatnya antara H+1 sampai H+3

1. Setiaap kursi armada memiliki nomor kursi
2. Kursi sudah diatur berdasarkan Keluarga/Group/Pasangan/Rombongan jadi sudah dipastikan tidak akan tterpisah
3. Tidak ada kompromi perihal pembagian bangku/kursi
4. Peserta Wajib mengikuti rute penjemputan, rute keberangkatan, jam penjemputan, dan peraturan penjemputan yang akan di atur oleh pihak Adventure Trip

KETENTUAN UMUM :
1. Pembagian kamar dilakukan oleh Tim Adventure sesuai dengan ketentuan yang berlaku
2. Setiap Kamar di isi 3-4 peserta, tanpa pengecualian
3. Pembagian kamar dilakukan berdasarkan gender, tidak aada permintaan khusus terkait hal ini
4. Pasangan yang belum sah secara hukum dilarang berbagi kamar, kecuali dapat menunjukan bukti hubungan keluarga (Anak/Saudara)

PRIORITAS PEMBAGIAN KAMAR :
1. Penentuan kamar dilakukaan berdasarkan urutan pendaftaran, bukan preferensi pribadi
2. Permintaan khusus dapat diajukan sebelum keberangkatan, tetapi tidak dijamin dapat disetujui
3. Pasangan yang sudah sah secara hukum (Suami/Istri) tidak akan dipisah, namun jika lebih dari kapasitas kamar maka wajib Upgrade Room
4. Upgrade Room dikenakan biaya tambahan, sesuai tarif Low Season/Long Weeken/High Season/Natal/ahun Baru

LARANGAN & SANKSI :
Peserta dilarang mengubah susunan kamar yang telah ditenukan
2. Mengganggu peserta lain atau menciptakan ketidaktertiban ddapat berakibat sanksi tegas
3. Pelanggaran aturan dapat mengakibatkan dikeluarkannya peserta dari trip tanpa pengembalian dana

1. Refund Dana diproses dalam 14-21 hari kerja, tidak termasuk hari libur nasional
2. Dana dikembalikan melalui metode pembayaran transfer bank (Jika beda bank dari BCA, makan biaya admin ditanggung oleh peserta)
3. Peserta wajib mengajukan refund melalui kanal resmi, dengan menyertakan bukti pemesanan dan identitas valid